SEARCH CONTENT
 

Mobile Broadband di Indonesia Terus Menggeliat

Indonesia patut berbangga hati. Ternyata diantara carut marut konflik multisektor yang berkepanjangan tidak menghalangi pergerakannya menuju dunia teknologi. Hal ini dibuktikan dari data survey Wireless Intelligence GSM Association bahwa pada akhir tahun 2007 sudah ada 315.000 orang Indonesia mengakses Internet melalui teknologi bergerak kecepatan tinggi.

Memang, kenyataan yang muncul dipermukaan saat ini adalah akses internet pita lebar melalui jaringan nirkabel bergerak (mobile broadband) lebih diminati pelanggan daripada akses tetap melalui kabel (fixed broadband). Selain kecepatannya yang tinggi, semakin banyak operator meningkatkan kualitas jaringan 3G mereka dengan teknologi Mobile Broadband (HSPA), dan bertambahnya pula jumlah handset HSPA serta modem yang masuk ke pasar menyebabkan kurva jumlah pelanggan terus bergerak naik. Dalam setahun saja, jumlah koneksi pitalebar bergerak atau HSPA di Indonesia telah melampaui jumlah koneksi pitalebar tetap (fixed broadband).

Saat ini ada lebih dari 32 juta koneksi HSPA di seluruh dunia. Pitalebar bergerak terus menerus mendapatkan momentum karena jumlah jaringan pitalebar bergerak HSPA di seluruh dunia meningkat 44 persen menjadi 166 jaringan antara bulan Mei 2007 dan Maret 2008. Lebih dari 73 negara saat ini memiliki layanan HSPA. GSMA memperikirakan saat ini ada lebih dari 467 perangkat HSPA yang tersedia di seluruh dunia, dibandingkan dengan 128 perangkat pada bulan Januari 2007. Perangkat ini mencakup perangkat bergerak, PC, notebook, data card, wireless router, dan USB modem.

Kondisi ini ditangkap Internet Service Provider (ISP) dengan memunculkan produk-produk internet berkecepatan tinggi atau jaringan nirkabel bergerak (mobile broadband). D~Net sebagai salah satu ISP berkualitas mencoba untuk menghadirkan teknologi ini melalui beberapa produk yang didukung teknologi memadai Wireless Internet Dedicated Access (WIDA), Internet Dedicated Access (IDA), dan D-mobile. Data pengguna ketiga jenis akses tersebut juga bergerak secara signifikan.

Sumber: www.kompas.com/tekno.php